Selasa, 28 Oktober 2008

Perubahan Terknis Penilaian Semester (Pilihan Ganda ke Essay Terbatas)

Pada Tahun Pelajaran 2008/2009, dari hasil Rapat Dewan Guru dan Pegawai SMA Negeri 2 Sekayam hari Jum’at 24 Oktober 2008 divisi kurikulum akan melaksanakan penyegaran dalam teknis penilaian Semester, yakni Bentuk Soal yang sebelumnya menggunakan bentuk Pilihan Ganda akan diganti dengan Bentuk Essay Terbatas, hal ini dilaksanakan berdasarkan beberapa alasan antara lain: sebagai salah satu Usaha untuk memantau perkembangan peserta didik secara akurat.
Selama ini dirasakan ada beberapa hal yang masih dirasa kurang jika menggunakan bentuk Pilihan Ganda misalnya terdapat beberapa kasus laporan dari guru mata pelajaran ada peserta didik yang setelah diberikan evaluasi Pilihan Ganda ternyata dapat menjawab pilihan jawaban yang benar, tetapi setelah ditelusur secara interview ternyata siswa tersebut tidak dapat menjawab soal yang sama.
Dalam usaha mencari teknis penilaian yang akurat, maka dipilih teknis Essay Terbatas sebagai bentuk penilaian yang akan dilakukan mulai tahun pelajaran 2008/2009 dengan harapan dapat mengukur kemampuan siswa yang nantinya sebagai bahan untuk perbaikan-perbaikan PBM agar siswa mampu memiliki kompetensi.
Perubahan teknis penilaian semester ini juga sudah disosialisasikan kepada seluruh siswa SMAN 2 Sekayam oleh Waka. Kurikulum (Gusti Hadinata, S.Pd) dalam Upacara Bendera Senin 27 Oktober 2008, dan tampaknya disambut antusias oleh siswa.

Tidak ada komentar: